Minggu, 15 Februari 2015

Arsitektur Jembatan – Jembatan Spektakuler di Dunia

Jembatan merupakan suatu sarana yang dibangun dengan tujuan untuk mengubungkan satu tempat dengan tempat lainnya yang dipisahkan oleh sungai, jalan raya, dsb. Beberapa kota di dunia membangun jembatan dengan desain unik untuk menarik minat masyarakat menggunakan jembatan sekaligus elemen pemanis arsitektur kota.

1. Henderson Waves Bridge, Singapura



Jembatan ini bisa jadi contoh tentang pemikiran out of the box yang diterapkan di bidang arsitektur. Ide tentang pembuatan desain unik pada jembatan dapat dengan mudah dikembangkan para perancang karena Henderson Waves Bridge adalah jembatan penyeberangan untuk pejalan kaki, sehingga para perancang tak perlu memikirkan tentang kekuatan struktur jembatan. Sebagai gantinya mereka mengutamakan kenyamanan pengunjung dengan membangun sebuah jembatan penyeberangan yang memungkinkan penggunanya untuk menikmati suasana dan kemilau lampu-lampu kota Singapura di malam hari. Jembatan setinggi 188 kaki dari permukaan tanah ini dibangun dengan menggunkan kayu balau yang tahan di segala jenis cuaca.

2. Royal Gorge Bridge, Colorado


Jangan coba-coba melihat ke bawah saat melintasi jembatan ini.  Itu pun seandainya kamu cukup berani melangkahkan kaki di atas jembatan berketinggian 1200 kaki dari permukaan tanah. Jembatan Royal Gorge menyajikan pemandangan menakjubkan yang dapat kamu nikmati dari berbagai sisi.

Jembatan Royal Gorge yang dibangun pada tahun 1929 pernah menerima penghargaan sebagai jembatan tertinggi di dunia tahun 2001, dan termasuk sebagai salah satu jembatan paling mengerikan dari TripAdvisor. Meski kemudian posisinya digeser oleh jembatan tertinggi lainnya, Royal Gorge tetap menjadi lokasi wisata yang memikat ratusan wisatawan. Kamu juga bisa mengendarai mobil saat menyeberangi jembatan yang menghubungkan dua buah jurang, dan merasakan sensasi seolah sedang meniti sebuah kabel di ketinggian.

3. Millau Viaduct: Millau-Creissels, Prancis


Jembatan menakjubkan berikutnya adalah jembatan Millau Viaduct yang terletak di Prancis Selatan. Jembatan dengan titik tertinggi 1125 kaki dari permukaan tanah dirancang oleh arsitek Norman Fraser dan insinyur bangunan Michael Virlogeux, yang memerlukan waktu sekitar 17 tahun untuk mendesain dan melaksanakan pembangunan jembatan ini.  Kamu dapat menikmati gabungan antara keindahan estetik jembatan dengan pemandangan ladang dan sungai yang mengalir di tengah-tengahnya. Kalau kamu berkendara di atas jembatan Millau Viaduct di musim gugur, kamu akan merasakan sensasi seolah sedang melayang di angkasa karena ladang dan sungai tertutup kabut tebal.

4. Jembatan Bosphorus: Istanbul, Turki


Jembatan Bosphorus mulai dibangun pada tahun 1973, dan merupakan jembatan terpanjang di dunia yang terletak di luar Amerika Serikat. Jembatan yang menghubungkan antara benua Eropa dan Asia ini akan membuat kamu terpukau jika kamu melintasinya di malam hari. Lampu neon yang terdapat di sisi kanan kiri jembatan dinyalakan dengan warna berbeda setiap malam. Salah satu event tahunan yang diadakan setiap tahun di jembatan ini adalah International Istanbul Eurasia Marathon yang dimulai di sisi benua Asia dan berakhir di sisi benua Eropa. Jembatan Bosphorus dikenal karena struktur aerodinamis dan merupakan jembatan yang didirikan di atas dua pilon baja besar.

5. Jembatan Chengyang: Liuzhou, Cina


Saat pertama melihatnya memang tak seperti jembatan pada umumnya, namun lebih mirip dengan deretan rumah dan pintu dengan jarak berdekatan. Jembatan yang terdiri dari kayu, batu dan tegel didirikan pada tahun 1916 untuk menghubungkan dua desa kecil di wilayah tersebut.

Keunikan struktur bangunan juga tampak pada penggunaan tiga jenis lantai dengan motif yang berbeda. Mereka yang melintasi jembatan ini juga dapat menikmati pemandangan cantik dari Sungai Linxi yang mengalir membelah hamparan pepohonan teh. Jembatan ini dibangun dan didesain oleh para ahli bangunan yang berasal dari Dong, sekaligus menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Cina berkat kepiawaian mereka dalam arsitektur.


Sumber Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar